News & Event

Penandatanganan Kerjasama Penerapan FTTH oleh PT Akses Prima Indonesia & PT Telekomunikasi Indonesia

Jakarta, 6 Desember 2017.

PT Akses Prima Indonesia, yang merupakan salah satu anak perusahaan PT TRG Investama, sebagai penyedia layanan jaringan infrastruktur Telekomunikasi berbasis kabel serat optik serta infrastruktur lainnya terkait dengan Information Communication and Telecommunication (ICT), melakukan kerjasama dengan PT Telkom Indonesia dalam penerapan percepatan modernisasi jaringan akses fiber optik di seluruh wilayah regional PT Telkom Indonesia. Hal ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang diberikat kepada PT Telkom Indonesia untuk turut mambantu mewujudkan komitmen PT Telkom untuk terus menerus membangun infrastruktur broadband di  seluruh Indonesia untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia.

Bapak Bobby Rasyidin selaku Presiden Director PT TRG Investama juga mengungkapkan bahwa kerjasama ini akan difokuskan pada pembangunan jaringan di berbagai kawasan atau cluster di Indonesia yang diawali di wilayah Jabodetabek dan Surabaya dan juga diharapkan dapat menciptakan suatu ekosistem antara PT Akses Prima Indonesia, PT Telkom Indonesia, developer dan landlord kawasan/cluster tersebut.

Modernisasi jaringan akses dengan fiber optik ini dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi yang membutuhkan bandwith lebih besar, yaitu dengan mengimplementasikan solusi Fiber To The Home (FTTH). PT Telkom Indonesia bersama dengan PT Akses Prima Indonesia saat ini sedang gencar membangun sistem jaringan kabel untuk menyediakan layanan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Kedua perusahaan ini menargetkan sistem kabel yang sebelumnya memakai material tembaga, akan diganti total 100% dengan kabel serat optik pada 2020 mendatang.

2

Perkembangan teknologi serat optik saat ini dapat menggantikan penggunaan kabel konvensional dan didorong oleh keinginan Telkom untuk memberikan layanan IndiHome yang dikenal dengan istilah IndiHome Triple Play Services yaitu 3 layanan komunikasi berupa akses internet cepat, suara (jaringan telepon, PSTN) dan televisi (TV Kabel) berlangganan yang berbasis internet protocol (IPTV) dalam satu infrastruktur pada unit pelanggan rumah tangga.

IndiHome sendiri saat ini telah memiliki 1,6 juta pelanggan dan ditargetkan tumbuh menjadi 3 juta lebih pelanggan pada tahun 2017.

Berlokasi di Gedung PT Telkom Regional 1,2,3,5 dan 6, PT Akses Prima Indonesia  dan PT. Telkomunikasi Indonesia,Tbk telah melalui berbagai tahapan penandatanganan kontrak kerja sama dalam bidang Penerapan FTTH, di tahun 2017 akan dilanjutkan penandatanganan kontrak kerjasama dengan PT Telkom Regional 4 dan 7. Dengan penandatanganan ini diharapakan dapat memberikan layanan komunikasi kepada masyarakat lebih baik lagi.

4

Mulai dari bulan Agustus 2016, telah disepakati antara kedua perusahaan ini sebanyak total 6000 home pass yang akan terpasang di wilayah Telkom Regional 1, 2, 3, 5 dan 6.

Telkom juga mengungkapkan bahwa di perumahan harus menggunakan internet dengan teknologi tertinggi yang ditawarkan dalam satu paket dengan target 10 Trilyun penjualan di akhir tahun 2016” ujar Bp. Dian Rachmawan, Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia .

3

PT Akses Prima Indonesia saat ini memiliki team professional khusus yang berdedikasi bekerja dalam pembangunan infrastruktur jaringan pitar lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.