Internet of Things (IoT) & Cloud Computing

Asal mula Internet of Things (IoT)?

Istilah Internet of Things (IoT) memang baru di perkenalkan tahun 1999 oleh Kevin Ashton yang merupakan co-founder dan executive director dari Auto-ID Center di MIT, dan juga merupakan seorang inovator dan ahli analisis konsumen. Namun sebenarnya IoT telah dikembangkan sejak awal 1980-an dengan  Alat Internet pertama, yaitu Coke Machine di Carnegie Melon University. Para programer dapat terhubung ke mesin melalui Internet, memeriksa status mesin dan menentukan apakah ada atau tidak minuman dingin yang menunggu mereka, tanpa harus pergi ke mesin tersebut. Bagaimana? Menarik bukan? Mari kita lanjutkan.

 Apa itu Internet of Things?

Internet of Things (IoT) adalah teknologi untuk mengendalikan/mengatur/mentransfer data dari benda-benda fisik melalui jaringan internet. IoT telah berkembang dari teknologi nirkabel, Micro Electro Mechanical Systems (MEMS), dan Internet. “A Things” pada Internet of Things dapat didefinisikan dengan banyak subjek, misalkan orang dengan monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah. IoT erat hubungannya dengan istilah machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakan, dan gas.

Semua Tools dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “Smart”, (contoh: Smart Label, Smart Meter, Smart Grid Sensor). Samsung dan LG menjadi salah satu contoh perusahaan yang menampilkan teknologi IoT dalam produk rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, microwave, AC dan TV yang dapat dikontrol dengan smartphone atau smartwatch, dan beberapa perusahaan teknologi besar lainnya sudah mulai mengaplikasikan IoT kedalam Smart solution lainnya seperti : Smart Home, Smart Factory, Smart Stadium serta Smart City.

Berikut ini contoh penjelasan IoT pada Mobil :

Apa itu Cloud Computing

Setelah kita mengenal IoT ada baiknya kita mengenal juga mengenai Cloud Computing dimana kita akan melihat kaitannya mengenai kedua hal ini. Indonesian Cloud merupakan salah satu perusahaan yang merupakan Cloud Service Provider dimana salah satu solusinya yang ditawarkan adalah Cloud Computing, dimana kita bisa “menyewa” Infrastruktur Platform, dan Aplikasi secara Virtual sesuai dengan yang kita butuhkan tanpa harus melakukan investasi terlebih dahulu untuk menyiapkan hardware dan lisence. Metode pembayarannya pun simple dengan cara Monthly Subscription.

Adapun Layanan dalam Cloud Computing adalah :

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Merupakan layanan dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (storage, memory, network dsb),mendefinisikan besar-nya CPU, storage, RAM, bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa sesuai dengan yang kita butuhkan. Indonesian Cloud sebagai Perusahaan penyedia solusi ini yang akan bertanggung jawab penuh atas maintenancenya, sehingga pengguna dapat focus dalam menjalankan bisnisnya.

2. Software as a Service (SaaS)

Jenis layanan yang diberikan kepada konsumen dengan bentuk menggunakan/pemakaian aplikasi. Aplikasi dapat diakses dari berbagai perangkat dan aplikasi ini berbentuk web, sehingga dapat diakses dengan mudah selama terdapat koneksi internet. Indonesian Cloud memiliki beberapa solusi aplikasi yang cukup lengkap seperti ERP, DMS, CRM, eMail, File Sharing dan lainnya.

3. Platform as a Service (PaaS)

Merupakan layanan pada Cloud Computing yang menekankan pada penyediaan platform untuk mengoperasikan system dan aplikasi secara cepat dan mudah. Sebagai contoh, Indonesian Cloud bekerja sama dengan VMWare sebagai Platform untuk solusi Cloud Computing.

 Hubungan IOT (Internet Of Things) dengan Cloud Computing

Dari kedua hal diatas IoT dan Cloud Computing, dapat kita katakan bahwa Internet of Things merupakan teknologi pelengkap dari Cloud Computing.  Kita dapat mengambil Contoh: Layanan kesehatan (Smart Health/E-health) melalui pemanfaatn IOT berbasis perangkat mobile, aplikasi mobile dan jaringan internet. Pada layanan kesehatan ini dokter dapat memeriksa pasien dan mengetahui gejala penyakit pasien melalui aplikasi mobile berbasis IOT, koneksi internet, dan Cloud Computing. Pada sistem ini pasien dapat melakukan input gejala/keluhan yang ada untuk kemudian data akan dikirim ke server dan diterima oleh dokter. Berdasarkan data yang diterima secara online dokter dapat menentukan gejala penyakit yang diderita oleh pasien untuk kemudian diberikan penanganan. Berdasarkan contoh diatas IOT digunakan didalamnya menjadi pelengkap terhadap teknologi Cloud Computing khususnya dibidang kesehatan.

Kesimpulan

Internet of Things (IoT) menggambarkan terhubungnya semua benda fisik ke jaringan internet yang tentunya sangat berkaitan dengan bisnis di semua industry yang semakin berkembang. Untuk mengoptimalkan IoT bagi bisnis kita.

Kita dapat mencoba mengetahui lebih lanjut melalui Indonesian Cloud yang merupakan Cloud Service Provider dan menyediakan layanan Cloud Computing untuk menjalankan teknologi IoT dalam meningkatkan proses bisnis di perusahaan anda.

Terima Kasih.

Enrico J. Hutajulu – Application Consultant at Indonesian Cloud

Artikel lainnya

TRG Investama Goes to Sampoerna University
15 April, 2021

Human Capital – TRG Investama menjadi salah satu pengisi acara dalam webinar yang diselenggarakan oleh Career Center Sampoerna University yang diselenggarakan pada Sabtu, 10 April 2021.

Webinar yang bertajuk “Successful Job Interview & Hiring Process” ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari mahasiswa dan alumni Sampoerna University.

Dalam webinar ini, Ibu Laili Irawati selaku Head of Human Capital PT TRG Investama memberikan tips kepada peserta webinar seputar job interview, terutama untuk kalangan fresh graduate.

Topik ini menjadi bahasan yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa karena sangat bermanfaat dan berguna dalam menyiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja.

Para peserta webinar menyambut antusias materi yang diberikan. Beberapa diantaranya bertanya lebih lanjut terkait tips job interview  dan pandangan Human Capital tentang bagaimana kandidat membawa diri.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan TRG Investama kepada mahasiswa dan alumni Sampoerna University. Dengan adanya acara ini, diharapkan hubungan dan kerja sama yang baik dapat terus terjalin antara TRG Investama dan Sampoerna University.

TRGI Group Mengadakan Tes Swab Antigen
6 April, 2021

Human Capital TRGI – Apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk membuat karyawan tetap merasa aman saat harus Working from Office?

Selain dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kantor, mendeteksi virus Covid-19 juga penting untuk dilakukan secara berkala.

Dalam rangka mendeteksi dan mencegah cluster penularan virus Covid-19, manajemen TRGI Group kembali mengadakan Tes Swab Antigen untuk seluruh karyawan pada Selasa (30/3) kemarin.

Bertempat di Lantai 6 Menara MTH, Tes Swab Antigen tersebut diikuti oleh lebih dari seratus karyawan dari TRGI Group dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk tetap menerapkan 3M. Stay safe and stay healthy, people!

Penandatanganan RKAT 2021 TRGI GROUP di Mandiri Farms, Bogor
17 March, 2021

Human Capital – Rabu, 6 Januari 2021 berlangsung acara penandatanganan Rapat Kerja Akhir Tahun 2021 (RKAT 2021) yang bertempat di Mandiri Farms, Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Acara dihadiri oleh Bapak Abdul Satar selaku Komisaris TRGI Group, Ibu Teni Agustini selaku CEO PT TRG Investama, Bapak Alexander Runtuwene selaku CFO TRGI Group, dan CEO dari masing-masing anak perusahaan TRGI Group.

Acara diawali dengan sambutan dari Ibu Teni Agustini, dilanjutkan dengan penandatanganan RKAT tahun 2020 oleh Komisaris dan Direksi TRGI Group, serta sambutan oleh Bapak Alexander Runtuwene dan Bapak Abdul Satar.

Dalam sambutannya, Bapak Abdul Satar menyampaikan tentang pentingnya Emotional Quotient (EQ) yang perlu didampingi oleh Intelligent Quotient (IQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Pada dasarnya, manusia tidak dapat hidup hanya mengandalkan satu atau dua kecerdasan.

IQ dan EQ membuat kita mampu bertindak secara tepat dan cerdas, sedangkan SQ memberi kita jawaban tentang makna dari perbuatan atau tindakan yang kita lakukan.

Manajemen diri untuk mengolah hati tidak cukup dengan IQ dan EQ saja, tetapi SQ juga sangat berperan dalam diri manusia sebagai pembimbing kecerdasan lain.

Acara kemudian ditutup dengan kegiatan bersama di Pemandian Air Panas dan Air Terjun serta aktivitas bersama di Peternakan Sapi.

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat membentuk sinergi antar-anak perusahaan TRGI Group dalam menghadapi tantangan di tahuntahun selanjutnya.

Rapat Kerja Akhir Tahun 2020 TRGI Group di Sentul, Bogor
16 March, 2021

Human Capital – Menjelang penghujung tahun 2020, management TRGI Group melakukan kegiatan rutin konsolidasi Review Performance 2020 & Goal Setting 2021 yang dilangsungkan dalam RKAT.

Dilaksanakan hampir selama 2 minggu secara berkesinambungan, setiap anak perusahaan di bawah naungan TRGI Group memaparkan berbagai capaian pada tahun 2020 yang lalu dengan berbagai tantangan yang dihadapi, untuk kemudian menyampaikan rencana kerja yang dilakukan pada tahun 2021.

Pemaparan yang disampaikan meliputi berbagai aspek seperti Analisa Makro Ekonomi, Rencana Bisnis Strategis, Proyeksi Finansial, Key Performace Indicator dan Pengeolaan Sumber Daya Karyawan.

Diharapkan dengan konsolidasi yang dilakukan, seluruh perusahaan dalam naungan TRGI Group dapat melalui tantangan yang akan dihadapi pada tahun 2021.

Indonesian Cloud Official Sponsor Indonesian Jetsky Racing Team
15 March, 2021

Human Capital – Jumat, 4 Desember 2020 menjadi hari yang membanggakan bagi PT Indonesian Cloud, karena resmi menjadi Official Sponsor bagi Tim Balap Jetski Indonesia. Bertempat di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, CEO PT Indonesian Cloud, Bp. David Arianto menyerahkan langsung 4 buah Motor Jetski yang diperuntukkan sebanyak 2 buah untuk Tim Jetski Indonesia dan 2 buah untuk Koramil Kepulauan Seribu.

Hadir untuk menerima langsung Motor Jetski, adalah Duo Bersaudara Juara Dunia Jetski asal Indonesia, yaitu Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar serta Komandan Rayon Militer Kepulauan Seribu.

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA), Syaiful Sutan Aswar, yang juga berperan sebagai Manajer Tim Jetski Indonesia pada berbagai ajang lomba jetski di luar negeri. Pak David Arianto, dalam pemaparanannya menyampaikan bahwa, “Prestasi dan sumbangsih Tim Balap Jetski Indonesia dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia olahraga dunia, khususnya di cabang olahraga Jetski patut diapresiasi. Sehingga wujud dari penghargaan tersebut adalah dengan ikut ambil bagian untuk mendukung konsistensi prestasi untuk terus membawa kebanggaan bagi bangsa dan negara. Salah satu bentuknya adalah dengan bergabungnya Indonesian Cloud sebagai Official Sponsor.”