TRG Bekerjasama dengan Gilat Satellite Siap Membantu Telkomsel Menggelar Network 5G

Jakarta – Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, Team Business Development TRG bekerjasama dengan Gilat Satellite telah berkolaborasi melakukan penetrasi pasar di Indonesia khususnya dalam hal “Cellular Backhaul atau CBH”

Gilat adalah salah satu perusahaan terbesar di Teknologi Satelit yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun. Gilat telah mendominasi bisnis satelit secara global terutama CBH yang kedepannya sangat dibutuhkan dalam percepatan implementasi 5G di Mobile Operator.

TRG Tim Business Development yang terdiri dari Nana Supriatna dan Chairiah atau yang biasa disapa Icha, sudah berhasil membuktikan kecanggihan Teknologi Gilat ini di Network Test Bad Telkomsel.

Tiga keunggulan utama dari System Gilat yang sudah diuji adalah:

1. Connectivity langsung ke Layer-2 sehingga Mobile Operator tidak memerlukan lagi router disisi BTS. Hal ini akan sangat memangkas investasi ketika akan menggelar BTS Network 4G ataupun 5G di rural area.

2. Teknologi Ku-Band dengan features “Adaptive Modulation” sehingga bisa melakukan penghematan Bandwidth sebesar 40%, dengan demikian Mobile Operator tidak perlu khawatir ketika harus memasang BTS dengan connectivity Backhaul yang menggunakan satelit.

3. Bandwidth Pooling merupakan feature yang sangat bermanfaat ketika terdapat kebutuhan yang mendesak di BTS rural area, dapat dilakukan secara telnet (remote) dari ruang NOC yang ada di kantor pusat dan jika dibandingkan dengan teknologi lain yang harus datang ke site untuk mengganti modul atau menambahkan hardware tertentu.

Serangkaian test tersebut telah dilakukan dalam tahap pengujian perangkat yang dilakukan bersama antara Tim TRG, yaitu Darwin Siboro di Technical dan Sri Suryo Bintoro di Operation, dengan tim dari Gilat dan Telkomsel selama kurang lebih 3 bulan yang berlokasi di site Bogor dan Buaran. Seiring dengan keberhasilan test ini, maka telah membuka peluang lebar bagi kita untuk mengembangkan bisnis satelit dengan Telkomsel. Baik sekarang maupun kedepannya ketika mereka menggelar network 5G di seluruh pelosok Indonesia.

Tag:
Berita

Artikel lainnya