Sertifikasi ISO 9001 dan 27001 PT Indonesian Cloud Dilanjutkan!

Human Capital TRG – Sejak tanggal 21 hingga 25 September 2020, PT. Indonesian Cloud sebagai perusahaan penyedia layanan cloud computing dan solusi, melakukan audit sertifikasi ISO untuk memastikan mutu dan quality management di PT Indonesian Cloud.

Menggandeng konsultan eksternal sebagai auditornya, yaitu British Standards Institution. BSI memberikan standar teknis pada berbagai produk dan layanan dan juga sertifikat terkait standar bisnis.

BSI Group adalah salah satu badan sertifikasi terbesar di dunia. BSI Group mengaudit dan memberikan sertifikasi kepada seluruh perusahaan di dunia yangmenerapkan standar sistem manajemen.

Beberapa Tim Konsultan yang ikut terlibat dalam proses sertifikasi, yaitu:

  • Bp. Agus Setiawan (Team Leader)
  • Bp. Victor Chisnariandi (Auditor)
  • Bp. Setiarso (Auditor)
  • Bp. Ade Mustafa (Auditor)

Adapun sertifikasi yang diaudit meliputi:

Sertifikasi ISO 9001; Sistem managemen mutu/Quality Manajemen

Membahas mengenai perangkat standar yang membantu organisasi memastikan bahwa organisasi telah memenuhi kebutuhan customer dan pemangku kepentingan lainnya. ISO 9001 berhubungan dengan dasardasar sistem manajemen mutu, seperti SOP, SLA penanganan, sharing knowledge, training dan lain sebagainya.

Sertifikasi ISO 27001:

Membahas mengenai standar internasional tentang cara mengelola keamanan informasi. Standar ini merinci persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan suatu sistem keamanan informasi yang bertujuan untuk membantu organisasi membuat aset informasi baik internal atau pihak eksternal yang dikelola lebih aman.

Tahun ini adalah audit Re-Certification dimana auditor melihat pelaksanaan setiap proses saat ini sudah memiliki kesesuaian dengan standar ISO 9001 & ISO 27001, seperti dokumentasi perusahaan, efektivitas proses, SOP dan perbaikan yang berkelanjutan. Semua divisi yang ada dilakukan audit, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses auditnya. ReCertification ini nantinya akan berlaku selama 3 tahun ke depan, artinya akan dilakukan Re-Certification kembali 3 tahun mendatang.

Tahun ini ada 10 Divisi yang dilakukan Audit: Operation, Sales, Pre-sales, Human Capital, SCM-Logistik, Legal, Finance, Cyber Security, General Service & Marketing. Dengan Scope/ruang lingkup audit Infrastructure as a service (IaaS) and Platform as a service (PaaS).

Sedangkan tahun lalu adalah audit Surveillanve, dimana auditor tidak membutuhkan waktu yang banyak karena hanya melihat beberapa bagian/divisi saja.

Auditor cukup dengan melihat proses kunci seperti tinjauan manajemen, audit internal, dan tindakan korektif, dan kemudian hanya melihat beberapa proses yang seharusnya ada.

Tujuannya adalah agar lembaga sertifikasi mengaudit semua proses dan issue bisnis setidaknya sekali selama siklus pengawasan dua tahun.

Hasil Audit

Berdasarkan hasil audit yang sudah dilakukan oleh BSI, dengan melihat segala penjelasan dan evidence yang ada, maka BSI merekomendasikan bahwa untuk sertifikasi ISO 9001 dan 27001 PT Indonesian Cloud, dilanjutkan.

Selamat untuk PT. Indonesian Cloud. Diharapkan ke depan, sertifkasi ini sebagai pengukuran yang bisa diberikan sebagai indikator jaminan mutu dan good company management kedepannya.

Artikel lainnya