Pentingnya Membangun Kepercayaan dalam Tim

Sebuah tim tanpa adanya kepercayaan tidak dapat benar-benar dikatakan sebagai sebuah tim. Itu hanyalah sekelompok individu yang bekerja sama namun sering sekali membuat kemajuan yang mengecewakan.

Mereka mungkin tidak berbagi informasi dan juga mereka mungkin tidak bekerja sama satu sama dengan lainnya.

Maka dari itu, kepercayaan merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah tim yang efektif, karena kepercayaan dapat memberikan rasa aman bagi para anggotanya.

Ketika anggota tim merasa aman terhadap satu sama lain, maka mereka akan merasa nyaman untuk terbuka, mengambil risiko yang tepat, dan mengekspos kerentanan.

Tanpa adanya kepercayaan didalam sebuah tim, maka inovasi, kolaborasi, creative thinking, sampai dengan produktivitas tim tersebut akan kurang.

Tanpa kepercayaan juga, orang-orang akan menghabiskan waktu mereka untuk melindungi diri mereka sendiri, yang berarti waktu yang seharusnya dihabiskan untuk membantu tim dalam mencapai tujuannya akan terbuang dengan sia-sia.

Tidak hanya itu, kepercayaan juga penting untuk berbagi pengetahuan. Sederhananya, ketika anggota tim percaya satu sama lain, maka mereka jauh lebih mungkin untuk saling berbagi pengetahuan yang mereka miliki.

Artikel lainnya