Penyusunan Career Path Sebagai Motivasi Kerja Karyawan

HUMAN CAPITAL – Pengembangan karir bagi para karyawan di perusahaan memang sangat penting untuk dilakukan, sebagai salah satu faktor utama dalam mendorong motivasi kerja dari karyawan itu sendiri. Jenjang karir yang lebih jelas tentu saja akan dapat menjadikan karyawan semakin mengetahui tentang bagaimana sebuah perusahaan dalam menghargai kinerja mereka untuk kurun waktu tertentu.

Dalam praktiknya, pengembangan karir belum memiliki mekanisme yang transparan sehingga banyak karyawan dimutasi tidak berdasarkan jalur karir yang sesuai kesepakatan. Sebaliknya, karyawan justru hanya mengikuti selembar kertas putih yang bertuliskan Surat Keputusan dari pihak direksi ataupun pimpinan yang berwenang. Padahal, pengembangan career path yang dilakukan secara internal dan berjenjang ini dapat mengoptimalkan talenta-talenta yang ada.

Untuk itu diperlukan pemahaman yang menyeluruh bagi seorang karyawan untuk dapat memastikan jalur karir yang sesuai atau mungkin menjadi bagian tantangan pengembangan sehingga karyawan di-challenge ke bagian lain.

Memahami Career Path Masing-masing Karyawan dengan Baik

Career path atau jenjang karir didefinisikan sebagai rangkaian posisi yang harus dilalui oleh masing-masing karyawan untuk mencapai tingkatan posisi tertentu dalam perusahaan. Umumnya, career path ini disusun berdasarkan profil kompetensi posisi yang perlu dimiliki seseorang untuk menjabat suatu posisi tertentu.

Jenjang karir yang diharapkan karyawan biasanya berkembang secara vertikal dan bergerak dari bawah ke atas. Misalnya, memulai bekerja pada usia 21 tahun sebagai fresh graduate, kemudian mengikuti peraturan dan persyaratan kompetensi yang telah ditetapkan perusahaan. Barulah kemudian mereka dapat menerima promosi dan penyesuaian remunerasi dan pensiun pada posisi puncak di perusahaan.

Mendiskusikan Rencana Karir Dan Jenjang Karir Secara Terbuka

Pengembangan karir untuk karyawan pada dasarnya bukan tanggung jawab perusahaan maupun atasan,  tetapi  justru  tanggung   jawab karyawan itu sendiri. Pasalnya, jenjang karir yang ada di perusahaan yang akan ia dapatkan bergantung pada kompetensi karyawan itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda dan karyawan yang bersangkutan untuk berdiskusi secara terbuka tentang rencana karir yang diinginkan serta jenjang karir yang tersedia.

Tag:
Kegiatan

Artikel lainnya